belajar dari miniatur kenampakan alam


hari itu sebagian siswa kelas 4 membawa kertas koran banyak sekali, sementara sebagian siswa lain ada yang membawa baskom, ada yang membawa cat warna, ada yang membawa lem dan ada juga yang membawa papan ukuran 50 x 50 cm. hari itu mereka akan membuat kenampakan alam sederhana yang terbuat dari bubur kertas koran. hari itu mereka akan membahas materi tentang kenampakan alam dan pemanfataannya untuk kegiatan ekonomi. sebelum materi dibahas lebih jauh, semua siswa diajak untuk membuat kenampakan alam diatas papan yang telah mereka siapkan. mereka akan membuat dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan, sungai dan lain-lain.pada saat proses pembuatan miniatur tersebut, memang kelas sangat kotor sekali karena dipenuhi dengan bubur kertas yang tercecer di lantai. tapi habis itu semuanya membersihkan bersama-sama. setelah ditunggu beberapa hari akhirnya jadilah miniatur tersebut.setelah kering baru kemudian diwarnai sesuai dengan warna aslinya.
kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi anak-anak, mereka dapat memvisualisasikan berbagai macam kenampakan alam sekaligus melatih ketrampilan anak-anak dalam menghasilkan sebuah karya.
dari sisi materi siswa dapat diajak untuk mendalami secara mendalam sekaligus dapat menarik fokus perhatian siswa karena sketsa ini menjadi sesuatu hal yang menarik bagi mereka setelah mereka mereka fokus maka siswa diajak untuk menyebutkan macam-macam kenampakan alam, setelah itu siswa diajak untuk membuat definisi sederhana tentang berbagai macam kenampakan alam.
lebih lanjut siswa diajak untuk mendalami persebaran kenampakan alam yang ada di Indonesia seperti sungai terpanjang yang ada di jawa timur, atau sungai terpanjang di pulau jawa, atau sungai terpanjang di Indonesia, atau bahkan sungai ynag terpanjang di dunia.

0 Komentar