MADURA DAN AL FALAH SAMA-SAMA PUNYA JEMBATAN



JEMBATAN…….! Kalau mendengar kata tersebut di benak kita yang terbayang adalah bangunan panjang yang melintang di atas sungai seperti jembatan ampera di sumatera selatan yang melintang di atas sungai musi,atau bangunan melintang di atas laut seperti jembatan suramadu yang fenomenal buat bangsa indonesia karena merupakan jembatan yang terpanjang di asia tenggara, terus ada jembatan merah, belum lagi jembatan-jembatan yang melintang di atas sungai bengawan solo….dan masih banyak lagi


Click here to view more


bahkan dalam pameran infrastruktur akan diusulkan ke investor untuk membangun jembatan prestisius yaitu jembatan yang akan menghubungkan pulau Jawa dengan pulau Sumatra. Dikatakan prestisius karena rencananya, jembatan ini akan menjadi jembatan terpanjang di dunia….kita doakan saja yah……mudah-mudahan……..dapat terealisasi

Trus apa hubungannya jembatan jembatan itu dengan sekolah Al Falah ?.masak Al Falah akan membangun jembatan? tenang……..!tentunya bukan jembatan yang disebutkan di atas. jembatan yang dimaksud di sini adalah jembatan keledai. Yaitu salah satu metode dalam pembelajaran di kelas. Metode ini bukan hal yang baru lagi….dan dapat diterapkan untuk semua mata pelajaran…

Salah satu mata pelajaran yang miskin dengan metode metode baru setahu kami adalah pelajaran IPS. Hampir kami tidak pernah punya pengalaman mengikuti pelatihan untuk metode pengajaran khusus IPS. Yang sering ada pelatihan untuk metode pengajaran itu bisa ditebak kalau tidak matematika, IPA ya..Bahasa Indonesia…untuk meyiasati itu kita harus pinter-pinter sendiri untuk mencari cara pengajaran yang menarik dan dapat memusatkan perhatian anak-anak pada pelajaran. Salah satunya adalah metode jembatan keledai…metode ini menghubungkan hal hal yang umum kemudian dikaitkan dengan materi pelajaran.

Pelajaran IPS?......banyak yang mengeluh kesulitan, bahkan anak-anak tidak sedikit yang bilang….terutama kelas besar..mending belajar matematika daripada IPS. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa karakteristik pelajaran IPS bila mengacu pada kurikulum nasioanal menuntut siswa untuk banyak mengingat ditambah lagi dengan kemauan baca anak-anak yang masih kurang sehingga menyebabkan IPS menjadi sulit untuk dipelajari. Seperti pada jenjang kelas V bab 1 yang membahas tentang kerajaaan di Indonesia,

Pada pembahasan materi kerajaaan islam dipakai metode jembatan keledai sebagai contoh yaitu sebagai berikut :
1. Soleh pesek
Artinya raja pertama dari kerajaan samudra pasai adalah Malik As Solih
2. Aceh muda
Artinya kerajaan aceh mencapai puncak kejayaan pada masa raja Iskandar Muda
3. Demak patah
Artinya raja pertama dari kerajaan demak adalah Raden Fatah
4. Banten tirta
Artinya kerajaan banten mencapaippuncak kejayaan pada masa sultan ageng tirtayasa
5. Hasan makan telo
Artinya kerjaaan goatallo mencapai puncak kejayaan pada masa raja Hasanudin
6. Hasan den bagus ganteng
Artinya karena keberaniannya sultan hasanudin mendapat julukan dari belanda “den han van de oosten” yaitu ayam jantan dari timur
7. Nuku tidur di kasur
Artinya kerajaan tidore mencapai puncak kejayaan pada masa sultan nuku dan sultahn mansur
8. Zaenal beternak kalkun
Artinya raja pertama dari kerajaan ternate adalah raja zainal Abidin sedangkan kerajaan tersebut mencapai puncak kejayaan pada masa sultan hairun
9. Pada saat bulan pernama, pak warman bu sima naik kereta sanjaya turun di terminal joyoboyo menuju jl. Hayam wuruk di Surabaya
Artinya nama-nama tokoh yang terkenal pada masa kerajaan hindu di Indonesia adalah…….mulawarman, purnawarman, ratu sima, kertanegara, raja sanjaya, joyoboyo, dan hayam wuruk

Yah…….sebenarnya sih masih banyak metode yang belum diketahui, MUDAH-MUDAHAN TULISAN INI BISA MENJADI AWAL YANG BAIK SABAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN DISKUSI UNTUK SESAAMA GURU IPS DI INDONESIA DEMI KEMAJUAN PENDIDIKAN DI INDONESIA……….

0 Komentar