GALLERY SENI ALA KELAS SATU


Siapa bilang anak kecil hanya bisa bermain dan menangis. Di SD Al Falah Assalam anak-anak kelas 1 SD sudah mampu mengadakan pameran hasil karya seni yang mereka buat kurang lebih selama 1 minggu



Pameran hasil karya seni tersebut tidak akan bisa ditemui di materi pelajaran manapun selain di materi pembelajaran tematik (tema kegemaranku). Pada tema tersebut anak-anak belajar menekuni kegemarannya dalam berolah raga, bernyanyi dan menari, gemar menggambar dan gemar membaca. Dan yang menjadi bahan pameran tersebut adalah materi pada sub tema gemar menggambar.Hasil karya seni yang dipamerkan oleh mereka diantaranaya adalah lukisan yang di buat dengan jari, teknik pencerminan,kolase, dan hasta karya yang berbahan kardus bekas. 

Lukisan yang dipamerkan tiap kelaspun beraneka ragam, mulai dari lukisan pemandangan alam sekitar, bunga, robot-robotan, dan masih banyak lagi, Sedangkan lukisan yang menggunakan teknik pencerminan terlihat lucu dan unik sekali . .ada yang menyerupai otak manusia, kupu-kupu, bunga, dan lain-lain yang pasti unik sekali. .itulah anak-anak, berkreasi dengan imajinasi mereka yang tinggi. Adapun kolase yang dipamerkan adalah gambar buah apel yang di beri tempelan robekan kertas warna-warni. Dan pameran hasta karya berbahan kardus bekas lebih lucu dan menarik lagi. . ada aquarium lucu yang terbuat dari kardus dan ikan berbahan kertas, rumah-rumahan dari kardus bekas yang tak kalah dengan model design rumah di perumahan elit, mobil-mobilan, tempat tisu, pigora, dan masih banyak lagi.
Pameran dilaksanakan pagi hari, tepatnya sepulang anak-anak dari pembelajaran Al-Quran, sampai waktu istirahat tiba, tempat pamerannya adalah di kelas masing-masing, mereka mempersiapkan pameran tersebut di pagi hari sebelum berangkat kemasjid untuk pembelajaran Al Quran, dengan bantuan ustad/ustadzah ( guru tematik) anak-anak putra menata kelas mulai dari tatanan meja, tempelan-tempelan di dinding, dan tak lupa hasil karya seni yang akan mereka pamerkan.sedangkan anak-anak putri menyiapkan souvenir cantik ( permen loly pop ) yang akan dibagikan kepada pengunjung yang datang.
Kelaspun disulap menjadi galeri, kelas 1A mengunjungi galeri kelas 1B, kelas 1C mengunjungi kelas 1D, kelas 1E mengunjungi 1A dan sebaliknya, tiap kelas menyiapkan beberapa anak untuk menjadi pemandu dan penerima tamu. Pengunjung yang datang bergantian mengisi buku tamu kemudian berjalan memasuki galeri menikmati pameran hasil karya seni, Dengan kalimat sederhana dan sedikit terbata-bata pemandu menerangkan kepada pengunjung tentang karya-karya seni yang dipamerkan, para pengunjungpun menikmati pameran tersebut dan sesekali bertanya kepada pemandu tentang hasil karya yang dipamerkan. Asyik sekali bukan !. . . siapa bilang anak kecil hanya bisa bermain dan menangis. . dari ulasan diatas membuktikan bahwa anak kecil memiliki kemampuan yang tak kalah hebatnya dengan kita. . . kecil-kecil si cabe rawit. Semoga mereka menjadi anak-anak yang sukses di masa kini dan masa mendatang. .Amiiin.

0 Komentar