Siap Menyongsong Tahun Ajaran 2021-2022

Setelah berakhirnya pembagian raport pada tanggal 18 Juni 2021 dan pelepasan siswa-siswi kelas VI SD Al Falah Assalam Tropodo tanggal 19 Juni 2021 kemarin. Segenap guru dan seluruh karyawan siap menyongsong tahun ajaran baru, 2021-2022. Kepala Sekolah mengadakan kegiatan pelatihan serta rapat kerja untuk seluruh guru jenjang SD (21-22 Juni 2021).

Acara yang diadakan selama dua hari di Aula SD ini membawa pengaruh yang luar biasa kepada para pengajar kelas dan Al-Quran. Bagaimana tidak, di hari pertama kegiatan raker diisi dengan pelatihan oleh Dr. Edi Kuncoro, M. Pd disambut dengan antusias. Perasaan cemas yang dirasakan oleh guru-guru SD Al Falah Assalam karena kondisi yang tidak pasti akibat adanya covid-19 ini menjadi hilang. Meskipun dengan keputusan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kota Sidoarjo ini mengenai daring atau tatap muka nantinya, tidak menjadi kendala para guru untuk terus memberikan kreativitas serta upaya yang terbaik mendampingi anak didik SD Al Falah Assalam.

Di dalam pelatihannya, Bp. Edi Kuncoro menjelaskan bahwa era pandemi adalah era digital. Mau tidak mau, suka tidak suka guru atau para pendidik di berbagai usia harus mampu untuk mengoperasikan serta memanfaatkan teknologi. Beliau juga memberikan pandangan serta motivasi kepada para guru bahwa tonggak keberhasilan para guru terletak pada bagaimana seseorang dapat meningkatkan kreativitas tinggi serta membuang pikiran-pikiran negatif (dalam istilah apel busuk.red) ke tempat yang jauh sehingga tidak lagi mengganggu pikiran para guru untuk berkembang dan melek teknologi. Di samping itu guru juga harus terus mengupgrade diri dengan segala fasilitas yang sudah disediakan sekolah.

Hari kedua dilanjutkan dengan pembinaan tentang Asesmen Nasional (AN), pengumuman jobdis, rancangan kegiatan selama satu tahun ke depan. Pembinaan AN oleh Kepala SD Al Falah Assalam, Muhammad Sholihuddin, S. Si, S. Pd membuka wawasan guru tentang tiga komponen yang ada di dalamnya yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Numerasi, survey karakter, dan survey lingkungan. Di akhir sesi ditambah dengan materi optimasi penggunaan media belajar (presentation class tools).

Pengumuman yang dibacakan membawa perasaan haru guru di berbagai jenjang. Hestin Sukesi, M. Pd mengusung tema “The Future of Super Team”dengan harapan agar guru mampu menghadapi tantangan ke depan. “Tantangan ke depan sangat luar biasa, oleh karenanya dibutuhkan kekuatan team yang handal dan tangguh”, jelasnya.

Penanggung jawab kegiatan sekolah, Antoni, S. Pdi, S. Pd menambahkan kegiatan sekolah merupakan kegiatan yang pasti dan harus dijalankan tanpa mengurangi makna dalam kegiatan tersebut. Sehingga siswa tetap dapat merasakan dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan SD Al Falah Assalam. “Kegiatan sekolah seperti bisnis day, pentas seni, dan kegiatan yang bersifat kompetisi baik internal atupun kedinasan perlu ditunjuk penanggungjawabnya. Karena bagaimanapun keadaannya, kegiatan sekolah harus terus berjalan” tutur Waka Kesiswaan. Meski dengan job baru yang diemban guru SD Al Falah Assalam di tahun ajaran mendatang, mereka telah siap untuk menghadapi tantangan serta siap untuk memberikan yang terbaik kepada anak didik tercinta.

Semoga Allah SWT memberkahi dan melancarkan langkah kegiatan seluruh civitas akademika SD Al Falah Assalam Tropodo di tahun mendatang. Aamiin. Yuneni Novikawati

0 Komentar